Selasa, 02 Oktober 2012

Bab 3 : Ragam Dialog (Interaksi Manusia & Komputer)

Ragam dialog (Dialog style)
 Cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai macam tehnik dialog

 Beberapa sifat ragam dialog
  • Inisiatif : Pengguna memberikan tanggapan atas prompt yang diberikan oleh komputer untuk memasukan perintah atau parameter.
  • Keluwesan : Pengguna mempunyai kesempatan melakukan costumize dan memperluas antarmuka
  • Kompleksitas : Pengelompokan dalam menerapkan model yang diinginkan kedalam sistem.
  • Kekuatan : Sebagai jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan.
  • Beban informasi : menitik beratkan pada penyajian informasi yang dihasilkan komputer kepada pengguna.
Beberapa karakteristik ragam dialog
  •  Konsistensi : Sistem yang konsisten akan mendorong pengembangan mentalitas dengan memberikan petunjuk kepada penggunauntuk mengektrapolasi pengetahuan.
  • Umpan balik : Akan menampilkan suatu pesan kesalahan apabila pengguna melakukan kesalahan.
  • Observabilitas : Apablila sistem itu berfungsi secara benar dan nampak sederhana bagi pengguna
  • Kontrolabilitas : Kebalikan dari observabilitas
  • Efisien : Throughput yang diperoleh dari kerjasama antara manusia dan komputer
  • Keseimbangan : Membagi pekerjaan antara manusia dan komputer secara optimal mungkin dalam hal strategi dan perancangan
Katagori Ragam Dialog
  • Ragam dialog Interaktif :
  1.  Dialog berbasis perintah tunggal (Command Line Dialog) : Pengoprasian perintah yang bergantung pada sistem komputer yang dipakai dan berada pada domain/bahasa perintah Contoh : Dos, Unix, Linux
  2.  Dialog berbasis bahasa pemrograman : Memungkinkan pengguna mengemas sejumlah perintah kedalam suatu berkas (batch file), perintah yang sama dan rutin dijalankan dapat dilakukan secara otomatis (autoexac.bat)
  3. Antarmuka berbasis bahasa alami : Pengguna dapat memberikan perintah dalam mmemberikan perintah dalam bahasa alamai yang lebih umum sifatnya, kecakapan manusia dan komputer bersifat saling melengkapi,sehingga dialog yg optimal harus diarahkan pada pemahaman.
  4. Sistem Menu : sistem menu datar (penggunaan selektor pilihan dan tanda terang), sistem menu tarik (pengelompokan pilihan menurut kategori tertentu.
  5. Dialog berbasis pengisian formulir : Kualitas tergantung pada tampilan layar, kejelasan perancangan dan penyajian secara visual.
  6. Antar muka berbasis ikon : Pilihan aktifitas dinyatakan melalui simbol,ikon sendiri terobasan terbesar kedalam dimensi baru dari penggunaan komputer. kekurangan ny sendiri adalah belum adanya standarisasi untuk ikon itu sendiri.
  7. Sistem Penjendelaan : Merupakan bagian dari layar yang menampilkan informasi, kategori nya sendiri adalah jendela TTY(dot prompt), Time multiplexed window(text editor), space multiplex window(dapat dibagi menjadi beberapa jendela), dan jendela non homogen(icon dan zooming window).
  8. Manipulasi langsung : Suatu aktifasi oleh sistem kepada pengguna sehingga aktifitas tersebut diproses oleh sistem ketika pengguna memberikan instruksi memalui virtual yang muncul.
  9. Antar muka berbasis interaksi langsung :  Dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatau aktifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thx coy koment ny :D